You must have JavaScript enabled in order to use this theme. Please enable JavaScript and then reload this page in order to continue.
Loading...
Logo Kalurahan KALIGINTUNG
Kalurahan KALIGINTUNG

Kap. Temon, Kab. Kulon Progo, Provinsi DI Yogyakarta

Sugeng Rawuh Wonten Ing Kalurahan Kaligintung Kapanewon Temon Kabupaten Kulon Progo -- >

Longsor dan Tanah Bergerak, Tiga Keluarga di Kulonprogo Mengungsi

Administrator 12 Maret 2020 Dibaca 440 Kali

Tanah longsor yang terjadi dalam sepekan belakangan di Pedukuhan Sabrang Kidul, Kalurahan Purwosari, Kapanewon Girimulyo, Kabupaten Kulon Progo, Yogyakarta, menyebabkan tiga keluarga yang terdiri 11 jiwa mengungsi. Belasan jiwa yang mengungsi terdiri dari Joko Yuwono, Santoso, dan Suparji, tiga anak-anak dan dua lansia. “Mereka mengungsi ke rumah Karyorejo tidak jauh dari rumah” kata Panewu Girimulyo, Purwono via telepon, Rabu (11/3/2020).

Sementara, dua rumah yang berada di atas rumah Joko belum ikut mengungsi. Tanah tebing di atas rumah Joko Yuwono merekah dan terus bergerak sejak Kamis (6/3/2020). Hal demikian diakibatkan hujan lebat yang berlangsung sejak sepekan terakhir. “Sekarang mereka masih belum bisa kembali karena material tanah di sana,” kata Purwono.

Meski demikian, kata Purwono, warga belum bisa kembali ke rumah dikhawatiekan terjadi longsor susulan. “Hari ini datangkan alat berat. Rencana hari ini atau besok dikerjakan. Hari ini saja hujan lebat kembali terjadi,” kata Purwono. Dia menambahkan, pihaknya mencatat ada 25 kejadian longsor di Girimulyo, terdiri 10 kejadian mengenai ataulah mengancam rumah. Sebanyak 15 longsor lain menutup jalan, menumbangkan pohon, menimpa jaringan listrik. (https://regional.kompas.com/)

Beri Komentar
Komentar baru terbit setelah disetujui oleh admin
CAPTCHA Image