You must have JavaScript enabled in order to use this theme. Please enable JavaScript and then reload this page in order to continue.
Loading...
Logo Kalurahan KALIGINTUNG
Kalurahan KALIGINTUNG

Kap. Temon, Kab. Kulon Progo, Provinsi DI Yogyakarta

Sugeng Rawuh Wonten Ing Kalurahan Kaligintung Kapanewon Temon Kabupaten Kulon Progo -- >

KEGIATAN LATIHAN KESENIAN GEJOG LESUNG Di PEDUKUHAN BALONG

Administrator 10 Oktober 2019 Dibaca 771 Kali

Gejog Lesung adalah kesenian tradisional berupa permainan instrumen musik perkusi menggunakan alat penumbuk padi tradisional (lesung dan alu/antan) yang berkembang dalam masyarakat agraris di berbagai kabupaten di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY)--meliputi Kabupaten Bantul, Kabupaten Gunung Kidul, Kabupaten Kulonprogo, dan Kabupaten Sleman

Gejog Lesung dimainkan oleh 4-5 orang atau lebih tergantung besar lesung yang digunakan. Secara bergantian mereka memukuli lesung dengan alu/antan pada bagian atas, samping, tengah, atau tepat pada bagian cekungan sedemikian rupa sehingga menimbulkan suara "thok thek thok thek" bersahut-sahutan yang berirama unik sekaligus indah. Seiring irama pukulan para penabuh lesung dan/atau kelompok lain akan menyanyikan lagu atau tembang Jawa sambil menari.

Seni pertunjukan "gejog lesung" seperti yang ada dalam masyarakat Yogyakarta , ternyata juga berkembang di berbagai daerah lain di Indonesia yang dikenal sebagai negara agraris. Meskipun demikian nama yang digunakan berbeda-beda seturut bahasa daerah setempat.

Seiring perkembangan teknologi lesung pun kian langka bahkan harganya bisa mencapai jutaan rupiah. Karena itu gejog lesung pun lebih banyak dipentaskan kelompok kesenian tradisional di festival kesenian atau di Desa wisata.

 

Kesenian Gejog Lesung di Desa Kaligintung

Inilah suasana Kegiatan Group Kesenian Gejog Lesung yang ada  di Desa Kaligintung Kecamatan Temon Kabupaten Kulon Progo sedang latihan gejog dirumah Bpk. Aslam Fajari malam Selasa kemarin pada pukul 08.00 WIB personil gejog dan warga sekitar telah berkumpul untuk menyaksikan latihan gejog tersebut. Personil Group kesenian Gejog lesung ini terdari Bapak – bapak, Ibu – ibu dan remaja yang masih bersekolah, seluruh personil tampak semangat dan antusias meskipun pagi sampai sore hari mereka sibuk dengan kegiatan sehari – hari dan malam harinya harus latihan gejog.

 

Seni gejog lesung Di Desa Kaligintung ini tak hanya menggunakan Lesung sebagai alat musik tapi dipadukan dengan alat jawa, dibarengi nyanyian tembang-tembang Jawa, dan ditambah dengan tari-tarian dan jathilan.

 Harapan dengan adanya berbagai macam kesenian di Desa Kaligintung dapat menggugah minat dan kesadaran warga lainnya utuk terus melestaraikan kebuyadaan Jawa. Selain itu sehubungan dengan pembangunan Bandara YIA di Wilayah Temon ..

 

 

Beri Komentar
Komentar baru terbit setelah disetujui oleh admin
CAPTCHA Image