You must have JavaScript enabled in order to use this theme. Please enable JavaScript and then reload this page in order to continue.
Loading...
Logo Kalurahan KALIGINTUNG
Kalurahan KALIGINTUNG

Kap. Temon, Kab. Kulon Progo, Provinsi DI Yogyakarta

Sugeng Rawuh Wonten Ing Kalurahan Kaligintung Kapanewon Temon Kabupaten Kulon Progo -- >

Pembagian Bibit Kelengkeng dan Penanaman Simbolis di Pedukuhan Balong

Administrator 10 Oktober 2019 Dibaca 431 Kali

Fakultas Biologi UGM melakukan Pembagian bibit kelengkeng untuk Warga  pedukuhan Balong Desa Kaligintung Kecamatan Temon Kabupaten Kulon Progo pagi tadi  Pukul 09.00 WIB Hari Kamis Tanggal 10 Oktober 2019. Untuk pengembangan tanaman pangan di Indonesia, penting dilakukan untuk mengatasi masalah krisis pangan yang telah berlangsung lama sebagai dampak akibat pertumbuhan penduduk yang tinggi di Indonesia. Demikian halnya di Daerah Istimewa Yogyakarta khususnya di pedukuhan Balong Desa Kaligintung Kecamatan Temon Kabupaten Kulon Progo perlu langkah pengembangan tanaman pangan perlu diupayakan.

Fakultas Biologi UGM juga memberikan bibit kelengkeng kepada warga di pedukuhan Balong Desa Kaligintung Kecamatan Temon Kabupaten Kulon Progo terkait teknik penghormonan dalam budidaya kelengkeng super. Acara ini merupakan salah satu rangkaian dari program hibah Desa Binaan yang dinaungi oleh Direktorat Pengabdian Kepada Masyararakat Universitas Gadjah Mada.

Kelengkeng  adalah salah satu produk unggul yang ditawarkan kepada masyarakat Desa Kaligintung dalam rangka menjadikan desa tersebut menjadi desa agro-bahari nantinya. Kelengkeng ini mempunyai sejumlah keuggulan seperti dapat berbuah dalam usia 1,5 tahun, dapat ditanam di dalam pot, dan tidak bergantung musim untuk berbuah. Selain itu buah sangat lebat dan sangat manis dengan daging buah tebal dan biji kecil.

Kelengkeng ini sudah diinisiasi sebelumnya di Desa Gejayan, Yogyakarta dan sudah membuahkan hasil. Harapannya Desa Kemadang nantinya juga mampu mengembangkannya untuk menunjang perekonomian warga. Kegiatan dihadiri Perangkat  Desa Kaligintung, Babinsa dan puluhan warga setempat dan menghadirkan  nara sumber utama dari  Universitas Gadjah Mada  disambut antusias oleh warga. Selain itu warga juga berkesempatan melakukan praktek penghormonan pohon Kelengkeng.

melalui Program Pembagian Bibit Kelengkeng dan Penanaman Simbolis di Pedukuhan Balong ini harapannya warga bisa mengerti secara langsung tentang teknik penghormonan yang benar dan kedepan bisa menunjang perekonomian warga dengan membangun desa Kaligintung terutama pedukuhan Balong.

Beri Komentar
Komentar baru terbit setelah disetujui oleh admin
CAPTCHA Image