You must have JavaScript enabled in order to use this theme. Please enable JavaScript and then reload this page in order to continue.
Loading...
Logo Kalurahan KALIGINTUNG
Kalurahan KALIGINTUNG

Kap. Temon, Kab. Kulon Progo, Provinsi DI Yogyakarta

Sugeng Rawuh Wonten Ing Kalurahan Kaligintung Kapanewon Temon Kabupaten Kulon Progo -- >

Rapat Koordinasi Penyusunan Rencana Tata Tanam Periode 2020-2021

Administrator 11 Maret 2020 Dibaca 418 Kali

Pada hari Rabu, 11 Maret 2020 diadakan acara Rapat Koordinasi Penyusunan Rencana Tata Tanam Periode 2020-2021 untuk Wilayah Pengasih Barat, Pengasih Timur dan Pekik Jamal di Balai Kalurahan Tayuban, Panjatan. Acara dihadiri oleh perwakilan dari Dinas Pekerjaan Umum, Perumahan dan Kawasan Permukiman Kabupaten Kulon Progo, Dinas Pertanian Kabupaten Kulon Progo, BMKG Sleman, Petugas dari Waduk Sermo Kokap, serta pengurus P3A danĀ  kalurahan se-Kapanewon Temon, Pengasih, Galur, Wates.

Dari Rapat Koordinasi Tersebut didapatkan informasi bahwa awal bulan Maret 2020 hingga awal April 2020 curah hujan masih tinggi dan ada kemungkinan disertai angin kencang, akibat dari angin monsoon asia serta tekanan udara yang rendah di selatan pulau Jawa. Bulan April perkiraan akan memasuki awal pancaroba. Kemudian prospek awal kemarau sekitar awal Mei 2020 dan puncak musim kemarau bulan Agustus 2020.

Bagi para petani, diharapkan memperhatikan prakiraan cuaca tersebut untuk menghadapi Masa Tanam ke 2 (sekitar bulan April/Mei). Untuk saat ini debit air di Waduk Sermo masih di bawah ideal, 133,57 meter dari 136 meter. Kemudian untuk menghadapi kemungkinan gagal panen, para petani dapat mengikuti program AUTP (Asuransi Usaha Tani Padi) dari Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Kulon Progo dengan pembayaran premi Rp.36.000 per hektare.

Selain itu adapula informasi bahwa saat ini tersedia varietas padi baru, hasil dari teknologi bifortifikasi, yaitu padi Impari IR Nutrizink. Varietas ini memiliki kandungan 35 enzim dan kandungan zink di dalamnya diyakini dapat mencegah terjadinya kelahiran dengan kondisi kerdil atau stunting. (Arf/Klgt)

Beri Komentar
Komentar baru terbit setelah disetujui oleh admin
CAPTCHA Image