You must have JavaScript enabled in order to use this theme. Please enable JavaScript and then reload this page in order to continue.
Loading...
Logo Kalurahan KALIGINTUNG
Kalurahan KALIGINTUNG

Kap. Temon, Kab. Kulon Progo, Provinsi DI Yogyakarta

Sugeng Rawuh Wonten Ing Kalurahan Kaligintung Kapanewon Temon Kabupaten Kulon Progo -- >

MERTI SENDANG GOMBLAH Pedukuhan Siwates Desa Kaligintung

Administrator 18 November 2019 Dibaca 504 Kali

Warga pedukuhan Siwates, Desa Kaligintung, Kecamatan Temon, Kabupaten Kulon Progo, mengadakan tasyakuran/selametan pada tanggal 17 November 2019, Ahad Pagi kemarin yang diselenggarakan oleh “Majelis Luhur Kepercayaan terhadap Tuhan Yang Maha Esa” Kulon Progo. Dihadiri oleh Kepala Dinas Kebudayaan ( wakil Kepala Dinas kebudayaan ), Carik Desa Kaligintung beserta  Perangkat Desa Kaligintung,Dukuh – dukuh, Babinsa Kaligintung, Bhabinkamtibmas Kaligintung dan Warga Pedukuhan

 

Acara Merti Sendang ini adalah bagian bentuk tasyakuran yang dilakukan dengan cara merti sendang atau sering disebut membersihkan sendang, nama Sendang sering dikenal oleh warga dengan Sebutan “Sendang Gomblah” Selain itu Merti Sendang ini juga bisa menjadi kegiatan untuk melestarikan tradisi budaya Jawa yang saat ini mulai terkikis oleh jaman dan ajang silaturahmi bagi warga.

 

Saat musim kekeringan, atas izin Allah SWT. memberi berkah sendang tersebut sehingga tidak ikut kering dan menjadi sumber mata air bagi warga Desa kaligintung karena hal tersebut sandang itu dinamakan “SENDANG GOMBLAH” sebab saat musim kering air di sendang tersebut tetap penuh bahkan sampai meluap ke sekitar sendang.

Beri Komentar
Komentar baru terbit setelah disetujui oleh admin
CAPTCHA Image