You must have JavaScript enabled in order to use this theme. Please enable JavaScript and then reload this page in order to continue.

Sistem Informasi Kalurahan KALIGINTUNG

Kapanewon Temon, Kabupaten Kulon Progo, Prov. DI Yogyakarta
Info

Lepas-Lari ke Kebun Warga, Beruang Madu di Yogya Berhasil Dievakuasi


Dua ekor beruang madu sempat lepas dari kandangnya di Wildlife Rescue Centre (WRC) Yayasan Konservasi Alam Yogyakarta (YKAY), Kabupaten Kulon Progo, DIY. Saat ini kedua beruang itu sudah dievakuasi kembali ke kandangnya.

"Tadi kita bius, dan jala sebelum dievakuasi ke kandang," kata Kepala Seksi Wilayah I Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Yogyakarta, Untung Suripto, Rabu (29/4/2020).

Dua beruang madu yang lepas masing-masing jantan usia 8 tahun dan betina usia sekitar 5 tahun. Kedua beruang itu diketahui lepas dari kandang sekitar pukul 17.00 WIB tadi.

Sebelum kejadian, pawang seperti biasa memberikan makan dan membersihkan kandang. Namun saat menutup pintu kandang diduga kurang pas sehingga gembok terlepas dan kedua beruang tersebut bisa keluar.

Beruang betina akhirnya bisa ditangkap ketika masih berada di kompleks YKAY. Sedangkan sang jantan berhasil kabur.

Upaya pencarian dilakukan oleh petugas WRC, dibantu TNI/Polri dan BKSDA selama hampir lima jam. Akhirnya beruang jantan berhasil ditangkap di pekarangan warga tidak jauh dari lokasi WRC yang berada di Kecamatan Pengasih sekitar pukul 22.00 WIB.

"Selama lepas beruang ini lari di kebun warga," sambungnya.

Sementara itu, pengelola YKAY, Tarko Sudiarno mengakui adanya keteledoran petugas yang menangani kandang hingga mengakibatkan dua ekor beruang madu lepas.

"Nanti akan kita evaluasi. Kita maklum petugas kita juga sedang puasa," kata Tarko.

Tarko menyebutkan, kedua beruang madu tersebut rencananya akan dilepaskan ke habitat alaminya yang ada di Kalimantan atau Sumatera. (https://news.detik.com/ )

 

Bagikan artikel ini: