Sugeng Rawuh Wonten Ing Kalurahan Kaligintung Kapanewon Temon Kabupaten Kulon Progo -- >

Artikel

Tanggap Bencana, 3 Dusun di Kulon Progo Gotong Royong Bangun Tanggul Antisipasi Banjir Bandang

09 Januari 2020 09:14:28  Administrator  168 Kali Dibaca  Berita Lokal

Ratusan laki-laki dari beberapa dusun di Kulon Progo gotong royong membangun tanggul di sebuah tikungan Sungai Serang yang masuk kawasan Dusun Kuncen, Desa Bendungan, Kapanewon Wates, Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta, Selasa (7/1/2020). Mereka membangun dua titik tanggul sepanjang 100 meter dengan karung pasir. Tebalnya sekitar 2 meter. Ketua RT 007 Kuncen, Firmansyah mengungkapkan, warga berupaya mengantisipasi melubernya air sungai akibat naiknya debit air semasa awal musim hujan ini. Air sungai bisa menjebol tanggul yang dari tahun ke tahun makin tipis karena erosi. "Kami bangun banket ini untuk mengantisipasi banjir biar tidak meluap ke sana (permukiman). Bisa masuk ke permukiman yang jaraknya hanya 10 meter dari tanggul," kata Firmansyah di lokasi pembangunan, Selasa.


Pembangunan dikerjakan secara swadaya oleh warga, baik pengadaan pasir, karung, kayu, bambu, hingga pengerjaannya. Mereka mengerahkan sekop, angkong, dan peralatan seadanya seperti pacul, sabit dan balok untuk membangun tanggul. Warga mengerjakannya sejak kemarin, diawali dengan mendatangkan pasir lantas memasukkan pasir ke karung.

 

Tikungan Sungai Serang di Kuncen dianggap rawan sejak runtuhnya bronjong sepanjang 350-an meter berupa tanggul buatan dari pemadatan batu diikat kawat baja. Bronjong telah runtuh beberapa tahun silam. Akibatnya, tanah terus terkikis. Dinding sungai terus melebar bahkan lebih dari 50 meter. "Di bronjong kira-kira sebelum tahun 2010, tapi tidak tahan lama dan runtuh karena air besar," kata Firmansyah. Kini, debit sungai terus naik, apalagi akibat hujan deras Senin malam. Warga segera turun tangan bekerja memperkuat tanggul untuk menjaga permukiman padat penduduk di baliknya. Warga yang datang tidak hanya dari Kuncen, tapi dua dusun tetangga.

 Warga Dusun Sanggrahan Lor, Heriawan mengungkapkan, jika tanggul jebol maka bisa berdampak pada tiga dusun di balik tanggul. Tidak hanya Kuncen, di balik itu ada Temonan dan Sanggrahan Lor, juga Stadion Cangkring. "Selama ini air hujan dari mana saja selalu berakhir di Sanggrahan Lor. Apalagi kalau bendungan jebol. Kuncen itu mungkin hanya dilewati saja, tapi berakhir di Sanggrahan," kata Heriawan. Jebolnya tanggul bisa mengancam warga tiga dusun yang dihuni ribuan jiwa. Itulah mengapa warga dusun lain terlibat membangun tanggul. "Secara geografis memang sungai ada di Kuncen. Tapi imbasnya bisa sampai Sanggrahan Lor dan Temonan. Muaranya di Stadion Cangkring. Maka ini harus dikerjakan sama, jangan cuma Kuncen saja, mau tak mau," ujar dia. Pengalaman 2019 Banjir besar akibat tanggul jebol pernah terjadi di Dusun Bendungan Kidul dan Desa Bendungan, pada 17 Maret 2019. Puluhan rumah terendam banjir dalam semalam dan ratusan orang mengungsi.

Warga di sana ingat betul bagaimana air pernah nyaris melimpah keluar tanggul pada hari yang sama dengan tragedi Bendungan Kidul. Kini warga mewaspadai debit naik pada saat hujan deras. Terlebih, tikungan sungai di Kuncen tidak pernah dinormalisasi, bahkan setelah bronjong runtuh beberapa tahun silam. Tanggul alami dari tanah di Kuncen sendiri sudah menipis karena terkikis. "Karena itu kita antisipasi sekarang dengan swadaya," katanya. (Kompas.com)

Kirim Komentar


Nama
No. Hp
E-mail
Isi Pesan
  CAPTCHA Image [ Ganti gambar ]
  Isikan kode di gambar
 


Statistik Pengunjung

  • Hari ini:391
    Kemarin:189
    Total Pengunjung:25.252
    Sistem Operasi:Unknown Platform
    IP Address:3.238.24.209
    Browser:Tidak ditemukan

Aparatur Kalurahan

Back Next

Sinergi Program

DISDUKCAPIL KULON PROGO
DISKOMINFO KULON PROGO
KAPNEWON TEMON

Arsip Artikel

26 Agustus 2016 | 60.122 Kali
Sejarah Desa
29 Juli 2013 | 60.062 Kali
Profil Desa
07 November 2014 | 60.061 Kali
Pemerintahan Desa
20 April 2014 | 60.058 Kali
Pelayanan
06 Maret 2019 | 60.055 Kali
Profil Wilayah Desa
24 Agustus 2016 | 60.052 Kali
Pemerintah Desa
24 Agustus 2016 | 60.052 Kali
Data Desa

Info Media Sosial

Lokasi Kantor Kalurahan


Alamat : KALIGINTUNG KIDUL, KALIGINTUNG, TEMON, KULON PROGO
Kalurahan : KALIGINTUNG
Kapanewon : Temon
Kabupaten : Kulon Progo
Kodepos : 55654
Telepon :
Email : pemdeskaligintung@gmail.com

Komentar Terbaru

Statistik SID