You must have JavaScript enabled in order to use this theme. Please enable JavaScript and then reload this page in order to continue.

Sistem Informasi Kalurahan KALIGINTUNG

Kapanewon Temon, Kabupaten Kulon Progo, Prov. DI Yogyakarta
Info

VISI dan MISI Desa Kalgintung


VISI dan MISI

 

          Visi

Penyusunan RPJM-Desa sebagai pedoman program kerja Pemerintah Desa bersama lembaga-lembaga tingkat desa dan seluruh warga masyarakat maupun pihak yang berkepentingan. RPJM-Desa adalah pedoman program kerja untuk masa enam tahun. RPJM-Desa sebagai pedoman program kerja untuk masa enam tahun merupakan turunan dari sebuah cita-cita yang ingin dicapai di masa depan oleh segenap warga masyarakat Desa. Cita-cita masa depan sebagai tujuan jangka panjang yang ingin diraih Desa, merupakan arah kebijakan dari RPJM-Desa yang dirumuskan setiap enam tahun sekali. Cita-cita masa depan Desa disebut sebagai Visi Desa.

Visi Desa disusun dari rangkaian panjang diskusi-diskusi formal maupun informal dengan segenap warga atau tokoh-tokoh masyarakat sebagai representasi dari warga masyarakat. Visi Desa semakin mendapatkan bentuknya bersamaan dengan terlaksananya rangkaian kegiatan dan musyawarah yang dilakukan untuk penyusunan RPJM-Desa Tahun 2016-2022. Dalam kegiatan ini, semakin mendekatkan Visi Desa dengan kenyataan yang ada di desa dan masyarakat. Kenyataan yang dimaksud baik merupakan protensi, permasalahan maupun hambatan yang ada di desa dan masyarakatnya, yang ada pada saat ini maupun ke depan.

Bersamaan dengan penetapan RPJM-Desa, dirumuskan dan ditetapkan juga Visi Desa :

Terciptanya masyarakat yang Aman, Kondusif, Adil dan Sejahtera melalui pengembangan sector pertanian dan peningkatan pelayanan publik.

Visi tersebut mengandung pengertian bahwa cita-cita yang akan dituju di masa mendatang oleh segenap warga Desa Kaligintung.

 

        Misi

Misi Desa merupakan turunan dari Visi Desa. Misi merupakan tujuan jangka lebih pendek dari visi yang menunjang keberhasilan tercapainya sebuah visi. Dengan kata lain, Misi Desa merupakan penjabaran lebih operasional dari visi. Penjabaran dari visi ini diharapkan dapat mengikuti dan mengantisipasi setiap terjadinya perubahan lingkungan di masa yang akan datang dari usaha-usaha mencapai Visi Desa.

Dalam meraih Visi Desa seperti yang sudah dijabarkan di atas, dengan mempertimbangkan potensi dan hambatan baik internal maupun eksternal. Maka disusunlah Misi Desa dengan indicator sbb:

  1. Menciptakan pelayanan secara adil di seluruh lapisan masyarakat.
  2. Mewujudkan pertanian yang bermutu dengan menyesuaikan keadaan tanah.
  3. Menyelenggarakan pembinaan guna mengembangkan Kreatifitas masyarakat di segala bidang.

gi. 

Bagikan artikel ini: