You must have JavaScript enabled in order to use this theme. Please enable JavaScript and then reload this page in order to continue.
Loading...
Logo Kalurahan KALIGINTUNG
Kalurahan KALIGINTUNG

Kap. Temon, Kab. Kulon Progo, Provinsi DI Yogyakarta

Sugeng Rawuh Wonten Ing Kalurahan Kaligintung Kapanewon Temon Kabupaten Kulon Progo -- >

Mulai 29 Maret, Bandara Kulon Progo Akan Beroperasi Penuh

Administrator 30 Januari 2020 Dibaca 376 Kali

Pesawat Airbus A330-200 milik maskapai Garuda Indonesia mendarat di Bandar Udara Yogyakarta International Airport di Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta, Jumat (05/10/2019)


PT Angkasa Pura (AP) I akan mengoperasikan penuh Bandara Internasional Yogyakarta di Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta, pada 29 Maret 2020. Direktur Utama PT Angkasa Pura Faik Fahmi mengatakan, pada tanggal tersebut, seluruh penerbangan di Bandara Adi Sutjipto Yogyakarta akan dialihkan ke Bandara Internasional Yogyakarta. Bandara Adi Sutjipto nantinya hanya melayani penerbangan berjadwal dan tidak berjadwal yang menggunakan pesawat propeller, serta penerbangan VIP menggunakan pesawat jet pribadi. "Nanti ada 66 penerbangan di Bandara Internasional Yogyakarta, saat ini baru 34 penerbangan per hari," kata Faik, Senin (27/1/2020).

Pemindahan akan dilakukan secara serempak. Hal ini berdasarkan masukan dari maskapai. "Kalau dilakukan secara bertahap, akan menimbulkan biaya lebih tinggi. Mereka (maskapai penerbangan) harus mengeluarkan biaya operasional dua tempat. Jadi lebih baik, pemindahan dilakukan secara serempak," jelas Faik. Selain itu, pada 29 Maret, Bandara Internasional Yogyakarta akan beroperasi 24 jam dari yang sebelumnya hanya beroperasi 12 jam dari 06.00 - 18.00 WIB. Sementara, jam operasi Bandara Adi Sutjipto Yogyakarta akan berubah dari sebelumnya 05.00 - 21.00 WIB, menjadi 05.00 - 18.00 WIB.

Sejak awal beroperasi pada 6 Mei 2019 hingga akhir Desember 2019, Bandara Internasional Yogyakarta telah melayani lebih dari 232.000 penumpang dan 2.568 pergerakan pesawat dengan 13 rute domestik tujuan Denpasar, Banjarmasin, Palembang, Jakarta (Cengkareng dan Halim Perdanakusuma), Palangkaraya, Batam, Banjarmasin, Samarinda, Tarakan, Pontianak, Makassar, dan Kualanamu. Sedangkan, jumlah penerbangan di Bandara Adi Sutjipto sebanyak 150 penerbangan domestik dan delapan penerbangan internasional. "Bandara Internasional Yogyakarta akan terus mempersiapkan diri menuju operasional penuh pada akhir Maret 2020 mendatang supaya dapat melayani penerbangan dari dan menuju DIY dan sekitarnya dengan lebih baik lagi," kata Faik. Saat ini, Bandara Internasional Yogyakarta didukung moda transportasi umum seperti Damri, SatelQu, taksi bandara, taksi daring, dan kereta dari stasiun terdekat Stasiun Wojo yang dapat ditempuh 10 menit dari bandara. "Pilihan moda transportasi ini akan semakin memudahkan para penumpang pengguna jasa bandara," katanya. (https://yogyakarta.kompas.com)

Beri Komentar
Komentar baru terbit setelah disetujui oleh admin
CAPTCHA Image